Rindu Umrah

Anda Ingin Umrah Dengan Keluarga, Simak Dulu Tipsnya

Kategori : Simply Artikel, Ditulis pada : 26 Oktober 2022, 12:06:58

Bagi umat muslim, menjalankan ibadah umrah adalah hal yang diimpikan. Banyak keutamaan yang terdapat pada ibadah umrah, antara lain Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yakni kota Makkah dan Madinah. Anda dapat melaksanakan ibadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri dengan Allah, mendapat pahala yang berlipat ganda, berdoa di tempat yang mustajab, mengunjungi ke makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keutamaan yang akan Anda peroleh.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika dapat berangkat bersama keluarga terdekat, pasti lebih menyenangkan. Merasakan beribadah di Baitullah bersama orangtua, suami atau istri, bahkan dengan anak-anak. Pastinya, banyak persiapan yang wajib dilakukan agar perjalanan umrah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan.

Nah, bagi Anda yang ingin beribadah umrah bersama keluarga, berikut ini akan kita bahas beberapa tips persiapan ibadah umrah bersama. Yuk, simak selengkapnya!

Niat Umrah Sekeluarga

Tips pertama yang harus Anda persiapkan adalah niat untuk beribadah umrah. Pastinya, Anda harus berkomunikasi dengan keluarga Anda agar bersama-sama meniatkan diri untuk berangkat beribadah umrah. Kesamaan niat ini akan lebih mewujudkan impian Anda untuk dapat beribadah umrah dengan keluarga.

Bayangkan, apabila hanya Anda yang memiliki niat untuk umrah, sedangkan keluarga Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke tanah suci bukan hanya masalah kesiapan materi, tetapi juga kesiapan mental. Dan Allah hanya ‘mengundang’ hamba-Nya yang telah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, cek apakah Anda dan keluarga telah sama-sama berniat untuk berangkat umrah ya!

Persiapkan Dana yang Dibutuhkan

Niat saja tidak cukup, maka harus diimbangi dengan usaha yaitu menyiapkan sejumlah dana yang bisa menghantarkan Anda sekeluarga berangkat umrah. Apalagi jika yang berangkat dua orang atau lebih, semakin banyak anggota keluarga yang ikut, maka dana yang harus dibayarkan juga semakin banyak. Maka, Anda perlu merencanakan untuk persiapan biaya tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuka tabungan khusus umrah. Hitung berapa anggaran dana yang diperlukan untuk bisa pergi umrah bersama keluarga. Jika rata-rata biaya pendaftaran untuk umrah kurang lebih 25 juta rupiah, tinggal dikalikan dengan berapa jumlah anggota keluarga yang ikut. Anda bisa mencari paket-paket umrah keluarga yang dapat menghemat biaya yang harus Anda keluarkan.

Tentu saja, Anda bisa mencoba tabungan umrah dengan jumlah semampu Anda diawal. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan ikhtiar dan kesungguhan Anda dihadapan Allah agar dimampukan untuk menunaikan umrah. Bukankah Allah yang Maha Mencukupkan? Sudah banyak diceritakan, bagaimana Allah memberikan kemampuan siapa saja yang Dia undang ke Baitullah. Dan berapa banyak orang yang sebenarnya mampu, tapi tak mendapat kesempatan pergi umrah?

Melengkapi Dokumen dan Paspor

Semakin banyak jumlah keluarga yang turut serta dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula dokumen yang harus Anda urus. Sebaiknya, cari tahu dan catat dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda dapat menggali informasi selengkapnya di internet, atau bertanya ke biro perjalanan umrah yang Anda percaya.

Mengapa Anda perlu membuat daftar dokumen yang diperlukan? Supaya Anda tidak perlu bolak-balik ketika mengurus dokumen Anda dan keluarga. Tulislah ceklist yang mempermudah Anda mengecek apakah surat-surat yang diperlukan sudah lengkap atau belum. Anda juga perlu membuat paspor sebelumnya, sebab hal tersebut juga memakan waktu. Persiapan yang matang akan mempermudah Anda sekeluarga untuk berangkat umrah dengan lancar.

Mengecek Kondisi Kesehatan Keluarga

Kesehatan tubuh sangatlah perlu untuk dipastikan, sebelum melaksanakan umrah bersama keluarga. Karena sebagian besar aktifitas, baik itu rukun maupun ibadah lain di Baitullah merupakan ibadah fisik yang membutuhkan kondisi tubuh yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga menguras tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tidak hanya kesehatan pribadi, namun setiap anggota keluarga perlu dipastikan kondisi kesehatannya. Pastikan, apakah anggota keluarga ada yang memiliki riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan sehingga dapat dijaga oleh anggota keluarga lain yang berangkat bersamanya. Alangkah baiknya berkonsultasi dengan tenaga medis dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum pergi ibadah umrah.

Memilih Waktu Keberangkatan yang Tepat

Dikarenakan jadwal kegiatan yang berbeda, misalnya orangtua yang harus pergi kerja, anak yang masuk sekolah, dan seterusnya maka diperlukan pemilihan waktu yang tepat untuk menunaikan umrah sekeluarga. Jangan sampai waktunya bentrok, sehingga aktivitas utama justru terabaikan.

Anda dapat memilih waktu-waktu seperti libur sekolah anak-anak ketika kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan sesudah musim haji ( agar tak terlalu ramai) atau saat bulan Ramadhan. Jadwalkan waktu khusus yang disepakati agar dapat dijalani oleh semua anggota keluarga.

Persiapkan Barang yang Akan Dibawa

Nah, jika persiapan dokumen sudah lengkap, waktu umrah juga sudah dipilih, saatnya Anda menyempatkan waktu membuat daftar barang yang Anda dan keluarga butuhkan. Saat menyiapkan barang bawaan, pasti semua terlihat dibutuhkan untuk dibawa. Jadi Anda tidak sadar bahwa barang bawaan Anda terlalu banyak bahkan tidak muat melebihi kapasitas bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memikirkan urutan barang yang penting Anda bawa. Bawalah yang penting saja, ingat bahwa Anda bukan pindahan selamanya namun hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Ketahui berapa bagasi yang disediakan untuk Anda. Pertimbangkan juga bahwa ketika kembali dari tanah suci, Anda butuh ruang jika Anda membawa oleh-oleh khas Arab untuk dibawa pulang ke tanah air.

Banyak Berdoa dan Rajin Bersedekah

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah perbanyak berdoa kepada Allah SWT, agar impian Anda terwujud untuk bisa melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci bersama keluarga. Tugas Anda terus berusaha, namun Allah yang berhak menjadi penentu apakah Anda layak untuk beribadah di rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tidak cukup berdoa saja, wujud usaha Anda juga bisa lewat cara rajin bersedekah agar Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga memperlancar proses Anda dalam menunaikan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang serius dalam rangka menjalankan ibadah.

Itu tadi 7 tips mempersiapkan ibadah umrah bersama keluarga yang bisa Anda lakukan. Semoga dapat memperkuat niat dan menambah semangat Anda dalam menjalankan ibadah ke tanah suci bersama orang-orang terdekat. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id